Artikel tentang kesehatan, kecantikan, hidup sehat, tips sehat, pengobatan alternatif, herbal yang akan membuat hidup anda jadi lebih baik... Dan lebih sehat tentunya!

Monday, January 5, 2009

Faktor Utama Yang Membuat Rambut Kita Rusak


Ada dua faktor utama yang menyebabkan rusaknya rambut, yakni bahan-bahan kimia dalam penataan rambut dan faktor lingkungan.

  • Bahan kimia dalam penataan rambut, misalnya saat sedang melakukan pengeritingan, pengecatan rambut, atau bleaching. Karena itu, perawatan rambut yang berlebihan sangat tidak disarankan. Zat kimia yang berlebihan pada rambut akan menyebabkan perubahan struktur dalam kutikel rambut, karena zat-zat kimia tersebut akan menembus ke dalam kutikel, sehingga rambut menjadi lebih kering,

  • Faktor lingkungan, misalnya polusi di sekitar kita, seperti asap, dan yang paling penting adalah pengaruh sinar ultra-violet (UV) dari matahari. Sinar UV dapat membuat rambut menjadi kering dan tampak kemerah-merahan. Penggunaan pelembab rambut dapat melindungi rambut dari pengaruh matahari. Pelembab rambut akan mengisi rongga-rongga pada kutikel rambut yang kehilangan kadar airnya, sehingga rambut tetap terlihat sehat dan bercahaya.

No comments:

Post a Comment