Artikel tentang kesehatan, kecantikan, hidup sehat, tips sehat, pengobatan alternatif, herbal yang akan membuat hidup anda jadi lebih baik... Dan lebih sehat tentunya!

Wednesday, January 14, 2009

Cara Mengatasi Wajah Berminyak


Kulit berminyak memang rentan didatangi jerawat, karena minyak pada wajah merupakan perekat yang baik bagi debu dan kotoran. Bila pembersihan wajah kurang sempurna, kotoran dan debu bercampur dengan bakteri sehingga menimbulkan peradangan yang disebut sebagai jerawat.

Selain itu, jerawat bisa juga disebabkan oleh pengaruh hormon. Jerawat yang paling ringan adalah jerawat yang berupa komedo.

Biasanya komedo yang terlihat seperti bintik hitam di kulit itu berisi lemak yang bercampur dengan kotoran, sedangkan komedo yang berwarna putih hanya berisi lemak.

Bila anda menggunakan riasan wajah, idealnya anda hanya membersihkan wajah setiap 5-6 jam sekali. Selain itu, penggunaan scrub juga berguna untuk membersihkan komedo yang berada di permukaan kulit.

Komedo juga bisa diatasi dengan produk perawatan wajah yang mengandung vitamin A. Fungsinya adalah untuk membuka pori-pori sehingga memudahkan komedo untuk keluar dan dibersihkan.

Produk perawatan yang mengandung vitamin A ini biasanya terdapat pada krim malam. Selain itu, bentuk cair atau kompres terasa lebih nyaman di wajah karena tidak menyebabkan kulit terlihat berminyak.

Beberapa bahan aktif yang dapat mencegah jerawat seperti sulfur, bisa ditemui dalam bentuk sabun, yang bersifat mengeringkan jerawat. Apabila langkah di atas telah dilakukan secara benar, maka riasan wajah anda akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.


Sumber : Harian :Nonstop" edisi 14 Januari 2009

3 comments: